Pentingny Tahu,Rasio Kompresi Dinamis Dari Motor Oprekan



Membaca kompresi untuk tiger dohc swap fu..
Buat yg awam setting kompresi di motor sampeyan yg sudah diswap dohc (head satria fu) saya berikan settingan awal dan kompresi yg di dapat saat kalian rubah tiger tsb
200cc swap dohc
Langkah 62.2, bore 63.5 maka ketemu 196.88cc, klep fu std 22-19 las tutup got oli, noken std, deck clearance 0.7, flat piston, paking head std tumpuk 3, paking kertas blok fu 1, paking kertas blok tiger 1
Settingan std diatas bgtu saya buret posisi TMa, dapetnya: 18cc..
Setelah dpt hasilnya, kita hitung dgn hitungan sederhana (utk yg awam bisa menggunakan referensi hitungan ini)
CR= besar cc / (volume buret - volume drat busi) + 1
Maka hasil tiger swap dohc yaitu:
=196,88cc / (18cc - 0.8cc (drat busi panjang)) + 1
=196,88cc / 17.2 + 1
=196,88cc / 18.2
=10.8


Itulah hasil kompresi motormu
10.8 klo direntang oktan bensinnya sudah harus menggunakan pertamax
Tp karna speknya sudah berbeda dgn fu, bagi yg msh pke noken std fu, pasti bakal nglitik terus2an dikarenakan rasio kompresi dinamisnya besar (klep masih cepat menutup = memperbesar kompresi)
yg didapat dgn noken fu std adalah bwh bagus, tgh ke atas nglitik
Satu2nya cara adalah merubah noken fu, di dial ulang sesuai langkah 62, bukaan klep di atur se akurat mgkin saat piston mulai bergerak ke tmb. Dan atur tutup klep saat piston bbrp drjat mnuju tmb agar lebih maksimal
Dgn rubahan diatas, motor standar 200cc swap dohc sanggup mndapatkan tnaga 22hp 21.2NM
Sangat besar dibanding std tiger yg di rentang 14-16hp 16-17NM
Dan selalu tekankan bahwa smakin tinggi komprrsi smakin buruk untuk harian. Jgn patokan dr kompresi, tp dr tnaga mesinmu.



Sisanya monggo dimaksimalkan sesuai kreatifitas kalian.. selamat berkarya
Jangan jadikan ini sbagai acuan, saya masih payah soal ilmu motor.. tp kalo ini bisa membantu, ya alhamdulillah...

Repost form #IMJM #Tiger Eleanor Dohc
Facebook : Muhammad Ihsan
Bengkel : Ihsan Mantab Jiwa Motorspot

0 comments:

Post a Comment