Bacaan ringan setelah lebaran
" Klep 2 Lawan Klep 4 "
Banyak yg bertanya ke saya, apa untungnya mesin tiger di swap dohc? Dalam konteks sama2 200cc namun beda gender. Tiger sohc vs tiger dohc
Nah, kalo yang ini akan kita bahas dari sisi dimensi luasan nya. Bukan dari sisi panas, ongkos produksi atau lainnya..Mengapa kita lihat dari sisi luasan daun klep?
Karena faktor ini menentukan debit bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar, debit ini menentukan jumlah banyak nya bahan bakar yang masuk.
Okeh..Saat kita melihat silinder head dari vixion atau satria fu. Maka kita akan melihat 4 klep yang mungil-mungil. Bandingkan dengan klep sonic atau tiger yang gede-gede..
Kalo kita kasih contoh pada head satria fu dengan kapasitas mesin 150cc dipersenjatai 2 biji klep 22mm untuk intake dan 2 biji pula 19mm untuk exhaust. Disisi lain di motor tiger 200cc dilengkapi 2 klep dengan 31.5mm intake dan 27mm exhaust..
Kok jauhh bedanya. 22mm vs 31.5mm?
Nah kita hitung sama-sama, pada motor suzuki satria fu 150 pada klep intake berdiameter 22mm, berarti memiliki luasan sebesar =
A = phi / 4 x D x D
= 3,14/4 x 22 x 22
= 379.94 mm (kuadrat)
Karena memiliki 2 klep, maka luasan ini dikali 2.
Berarti luasan nya
= 2 x 379.94
= 759.88 mm (kuadrat)
Nah, sekarang kita hitung luasan untuk klep motor tiger 200cc dengan diameter intake 31.5mm..
A2 = phi/4 x D x D
= 3,14/4 x 31.5 x 31.5
= 778.92 mm(kuadrat)
Nah, kita bisa lihat untuk motor satria fu dengan intake 2 klep berdiameter 22mm memiliki luasan total sebesar 759.88 mm kuadrat sedangkan pada motor tiger intake berdiameter 31.5mm memiliki luasan sebesar 778.92 mm kuadrat..
Jadi, sebenarnya sistem 4 klep satria fu akan setara dengan 2 klep yang berdiameter intake 31,5mm
Makanya bukan hal yg aneh kalo fu standar 150cc dijalan bisa ngasapin tiger yg cc 200
Meskipun kalah luasan, namun berkat 2 klep in dan ex dari dohc, juga 2 cam, serta centered spark ignition, membuat gasflow jg gasspeed mesin diatas dari motor 2 klep. Ujung-ujungnya jelas, tiger dohc tenaga lebih besar juga torsi lbh tinggi dengan tiger sohc biasa meskipun sama-sama 200cc
Lalu, bagaimana dengan pemakaian klep besar 25-22 yang sering kita kerjakan pada head satria fu, atau 27-23 pada head fu seher 72?
Mari kita hitung lagi..
A= 3,14/4 x 25 x 25
= 490,625 mm(kuadrat)
Sehingga total 2 klep adalah 490,625 x 2 = 981,25 mm(kuadrat)
Ini setara dengan sistem 2 klep sohc ber diameter intake 35,5mm..
Woowww. Besarrrr sekali
Bagaimana dengan exhaust nya..?
Untuk kombinasi 25-22, maka exhaust memiliki luasan
A(exhaust) = 3,14/4 x 22 x 22
= 379.94 mm (kuadrat)
Total exhaust = 2 x 379.94 = 759.88 mm (kuadrat)
Ini akan setara dengan klep exhaust sistem 2 klep sohc berdiameter 29,5mm.
Lalu, pada head fu yang sering kita besarkan menjadi 27-23...
Untuk intake 27mm, maka luasannya:
A= 3,14 x 27 x 27 = 592,265 mm(kuadrat)
Total 2 klep = 2 x 592,265 = 1144,53 mm (kuadrat)
Ini setara dengan sistem 2 klep sohc ber intake 38mm..
Hmmm. Besarrr juga...
Oke, sekarang kita tahu, efek pembesaran klep pada sistem 4 klep dari sisi luasan yang berkorelasi dengan debit bbm..
Jadi sesuai real di lapangan, tiger dohc 225cc, tidak bisa dibalap oleh tiger sohc 225cc, namun mampu dibalap oleh tiger sohc yg speknya harus 240cc.
Lalu bagaimana kalo tiger sohc mau nyusul tiger dohc eleanor 282 cc? Kemungkinan harus upgrade hingga 307cc baru lari bisa membuntuti eleanor, namun belum bisa menyusul
Bisa dibayangkan tenaga dohc campur mesin sohc bawaan lahir bagaimana kombinasi mautnya.. sudah sulit dicerna bagaimana tiger dohc di gigi 4 mampu berlari sampe 150kmj yg notabene di sohc harus dimodif sedemikian rupa speknya agar mampu berlari si kecepatan yg sama namun syaangnya kecepatan itu dicapai di gigi 6, tidak seperti dohc yg mampu meraih itu di gigi 4 saja
Sekian teori dan kenyataan di lapangan yg bisa saya bagi.. semoga bisa menjawab kurang lebih 400an inbox saya yg pada nanya apa enaknya di dohcin
semoga bermanfaat bagi anda... :)
mohon maaf klo banyak kesalahan, maklum newbie, belum sejago suhu2 yg sudah jauh diatas saya..
Repost form #IMJM #TigerEleanor #TigerDOHC
FB : Muhammad Ihsan
0 comments:
Post a Comment